Cara reset konfigurasi Mikrotik – Reset mikrotik diperlukan jika lupa username dan password Mikrotik atau ketika ingin melakukan konfigurasi dari awal tanpa ada default configuration. terdapat 3 cara reset konfigurasi yang dapat dilakukan yaitu :

  1. Hard reset atau lebih dikenal dengan reset secara fisik
  2. Soft reset atau reset secara software
  3. Install ulang

 3 Cara Reset Konfigurasi MikroTik

Hard Reset Konfigurasi

Khusus untuk Mikrotik routerboard memiliki tombol reset atau rangkaian untuk reset pada board dengan cara menjumper sambil menyalakan routerboard. Cara reset ini dilakukan Ketika kita tidak dapat lagi login kedalam system mikrotik routerOS (lupa password)

Reset konfigurasi dengan tombol reset 

Seperti pada gambar dapat dilihat terdapat tombol reset. Teman-teman dapat menggunakan pentul atau semacamnya untuk menekan tombol reset tersebut.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Tahapan Konfigurasi Mikrotik menggunakan Tombol Reset

Sebelum Menekan tombol reset pastikan kabel power Mikrotik terlepas dari sumber listrik. Tekan dan tahan tombol reset menggunakan pentul atau semacamnya sambil menghubungkan kabel power mikrotik ke sumber listrik, masih dalam keadaan tombol reset masih ditekan tunggu sekitar 5-10 detik (LED mulai berkedip-kedip).

Lepaskan tombol reset untuk membersihkan konfigurasi. Ketika melakukan reset konfigurasi router mikrotik akan melakukan reboot.

Note : “Jika teman-teman menunggu sampai LED berhenti berkedip, dan baru kemudian melepaskan tombol reset ini akan meluncurkan mode Netinstall, untuk menginstal ulang RouterOS”.

Reset konfigurasi dengan menjumper

Semua model RouterBOARD saat ini juga dilengkapi dengan lubang jumper reset. Beberapa perangkat RouterBoard mungkin perlu membuka penutup casing miktorik. 

RB951ui memiliki lubang jumper di bagian bawah router. Teman-teman dapat melakukan reset dengan menjumper rangkain tersebut menggunakan obeng.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Jangan lupa untuk melepas jumper setelah konfigurasi telah berhasil direset, jika tidak dilepas maka akan direset setiap kali teman-teman reboot MikroTik.

Soft reset

Soft reset hanya dapat dilakukan apabila kita masih dapat login ke router mikrotik dan apabila tidak dapat login maka harus hard reset dengan menekan tombol reset atau melakukan jumper.

Reset konfigurasi menggunakan winbox

Untuk melakukan reset menggunakan winbox teman-teman harus mempunyai aplikasi winbox. Aplikasi winbox dapat di download pada situs resmi mikrotik

Baca Juga Cara Cara Mengakses Router Mikrotik

Pertama teman-teman harus Login ke mikrotik terlebih dahulu. Soft reset dapat dilakukan pada menu System->Reset Configuration akan muncul kotak dialog reset seperti pada gambar dibawah

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Terdapat beberapa pilihan 

Keep User Configuration : menyimpan user router, password dan ssh host key

CAPS Mode : mengaktifkan mode CAPs

No Default Configuration : menghapus konfigurasi default

Do Not Backup: tidak melakukan backup otomatis sebelum reset

Run After Reset : menentukan nama file untuk dijalankan setelah reset berhasil dilakukan

Perintah Reset konfigurasi mikrotik

Mikrotik juga dapat direset dengan menggunakan CLI (Command Line Interface) seperti Remote SSH atau pada New Terminal pada winbox. Reset dapat dilakukan dengan menjalankan perintah “/system reset-configuration” kemudian akan memintah konfirmasi reset tekan huruf “Y” untuk Yes artinya mikrotik akan melakukan reset konfigurasi, “N” artinya membatalkan reset.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Cara Netinstall Mikrotik

Netinstall adalah alat atau tools yang dirancang untuk sistem operasi Windows yang digunakan untuk menginstal ulang perangkat MikroTik yang menjalankan RouterOS (kecuali untuk perangkat non-MikroTik x86). aplikasi Netinstall memformat ulang disk perangkat dan menyalin file baru ke disk sistem, sama halnya Ketika kita melakukan instalasi windows di komputer. ini dapat menyelesaikan beberapa masalah saat perangkat mikrotik tidak berfungsi dengan benar. Netinstall akan melakukan format ulang disk system, menghapus semua konfigurasi dan file yang disimpan tetapi tidak akan menghapus lisensi mikrotik yang terdapat di disk.

Cara menggunakan Netinstall

Sebelum  menggunakan netinstall kita harus download aplikasi netinstall di situs resmi mikrotik, pilih versi yang akan digunakan jika teman-teman tidak yakin mau download versi berapa saya sarankan teman-teman download versi stabil yang ditandai dengan flag stable.

Download routerOS paket utama di situs resmi mikrotik. Teman-teman harus memilih versi RouterOS yang akan digunakan tentunya harus sesuai dengan arstitektur dari routerBoard yang akan diinstall ulang (ARM, MIPS, SMIPS, TILE, dll …).

Disarankan untuk memilih versi yang Stable. Teman-teman juga harus memilih arsitektur tetapi jika teman-teman tidak yakin dengan aritektur mikrotik, maka teman-teman dapat mengunduh paket RouterOS untuk SEMUA arsitektur, Netinstall akan memilih arsitektur yang tepat untuk teman-teman.

Note : “Netinstall hanya akan bekerja pada satu interface aktif di laptop teman-teman, sangat disarankan agar teman-teman memutuskan interface jaringan yang lain seperti wifi untuk memastikan bahwa Netinstall akan memilih interface jaringan yang benar”.

Konfituari IP Address

Konfigurasi Static IP Address pada interface ethernet, dalam artikel reset konfigurasi mikrotik ini saya gunakan IP Address 192.168.88.2 untuk laptop saya.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Netinstall dapat berjalan di jaringan lokal, teman-teman dapat melewati pengaturan IP Address statis, tetapi sangat disarankan agar menetapkan alamat IP statis jika teman-teman tidak terbiasa dengan Netinstall.

Jalankan aplikasi netinstall yang sudah teman-teman download sebelumnya, Jika teman-teman mengikuti panduan diatas, maka laptop yang digunakan teman-teman seharusnya  tidak memiliki koneksi Internet.

pada gambar berikut windows 10 ingin mengverifikasi semua aplikasi yang dijalankannya, tetapi tidak akan dapat melakukannya karena tidak ada koneksi Internet, untuk alasan ini peringatan mungkin muncul, teman-teman harus mengklik tombol RUN.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Firewall akan melakukan block beberapa fitur Netinstall pada jaringan public dan private network. Teman-teman harus memberi izin ini agar Netinstall dapat berfungsi dengan benar.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Setting NetInstall

Konfigurasi net booting seperti pada gambar dibawah ini

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Alamat IP Klien harus unik. Jangan gunakan alamat IP yang ada di jaringan teman-teman, ini juga berarti teman-teman tidak boleh menggunakan alamat IP laptop teman-teman. Gunakan alamat IP yang sama sekali berbeda dari subnet yang sama.

Selanjutnya adalah hubungkan router mikrotik teman-teman ke laptop teman-teman menggunakan kabel Ethernet secara langsung (tanpa perangkat lain di antaranya seperti switch atau hub), colokkan kabel Ethernet ke port Etherboot router mikrotik. 

Secara umum, perangkat RouterBOARD dapat menggunakan Netinstall dari port pertama (Ether1), atau dari port yang  bertanda “BOOT”.

Mode Etherboot

Ada banyak cara untuk masuk  ke mode Etherboot. Diantanya adalah dengan menggunakan tombol Reset. Tahan tombol Reset, kemudian nyalakan perangkat mikrotik sambil menahan tombol Reset dan terus tahan hingga perangkat mikrotik muncul di jendela Netinstall teman-teman.

Jika teman-teman masih dapat login ke system Mikrotik, mode Etherboot dapat dikonfigurasi pada menu System->RouterBOARD kemudian klik tombol settingspilih boot device=try-ethernet-once-then-nand.

Beberapa perangkat dilengkapi dengan konsol serial yang dapat digunakan untuk mengalihkan perangkat ke mode Etherboot. Metode bervariasi di antara perangkat MikroTik yang berbeda.

Note : “Beberapa laptop memiliki interface jaringan (terutama adaptor Ethernet USB) yang cenderung membuat penutup tautan tambahan, yang cukup untuk membuat Netinstall gagal mendeteksi perangkat yang ada dalam mode Etherboot. Jika demikian, teman-teman dapat menggunakan switch antara router mikrotik dan laptop teman-teman atau router mikrotik dalam mode bridge untuk mencegah masalah ini.” 

Package RouteOS

Tunggu sampai perangkat mikrotik muncul di aplikasi Netinstall.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Jika perangkat mikrotik tidak muncul di aplikasi netinstall, tutup aplikasi netinstall dan buka Kembali atau coba konfigurasi etherboot lagi.

Selanjutnya pilih perangkat mikrotik dan klik tombol browse untuk memilih lokasi file RouterOS Package yang sudah didowload sebelumnya, Klik OK.

Note : “Jika teman-teman download paket RouterOS untuk beberapa arsitektur, Netinstall hanya menampilkan paket arsitektur yang sesuai untuk perangkat mikrotik teman-teman setelah teman-teman memilihnya. Semua paket yang tidak didukung tidak akan muncul”

Pilih versi router OS yang teman-teman inginkan dan klik tombol install.

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Selanjutnya tunggu sampai proses install selesai dan klik tombol reboot (perangkat yang tidak menggunakan console akan direboot secara manual)

Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Sampai disini proses install ulang perangkat mikrotik sudah selesai. Perangkat teman-teman harusnya dapat berjalan dengan baik.

Sekian terimakasih materi 3 Cara Reset Konfigurasi Mikrotik. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang baru belajar mikrotik, sampai jumpa lagi dimateri-materi berikutnya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar, wassalam…….