Limit  Bandwidth Youtube di Mikrotik – melakukan limit terhadap kecepatan streaming video youtube menggunakan fitur firewall mangle dan layer 7 protokol. Selanjutnya kita akan melakukan limitasi bandwidth dengan simple queue.

Youtube merupakan platform berbagi video yang memungkinkan penggunanya mengunggah, menonton dan berbagi video, kita kita membuka video di youtube akan menggunakan bandwidth yang cukup besar apalagi ketika resolusi tinggi.  Di artikel ini kita akan belajar manajement bandwidth youtube sehingga client yang browsing, bermain game dan download tidak terganggu.  

Cara Limit  Bandwidth Youtube di Mikrotik

Daftar Isi

Topologi

Topologi jaringan yang saya gunakan disini seperti berikut:

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Pada topologi diatas saya gunakan ether1 damana saya sudah bridging  sebagai sumber internet mikrotik dan ether2 dan Wlan juga saya bridging, untuk konfigurasi dasar sudah saya bahasa pada artikel konfigurasi dasar mikrotik menggunakan winbox.

Baca juga konfigurasi dasar mikrotik menggunakan winbox

Layer 7 protokol

Konfigurasi layer 7 protokol terdapat pada menu IP->Firewall pada tab Layer 7 Protocols, teman-teman bisa menambahkan satu rule dengan name=youtube  dan pada bagian regexp  saya masukkan beberapa domain yang biasa digunakan youtube yaitu “^.+(.youtube.|ytimg.|googlevideo.com|youtu.be).*$”. 

Setelah sudah menambakan layer 7 protokol selanjunya adalah melakukan firewall mangle untuk menandai/marking koneksi youtube. 

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Firewall mangle 

Konfigurasi mangle digunakan untuk marking connection ataupun packets, diartikel ini saya akan membuat tiga rule mangle yaitu dua mangle untuk mark connection dan satu mark packets, karena Youtube meggunakan dua protokol yaitu  TCP dan UDP jadi saya akan membuat dua rule mangel. 

Pertama tambahkan rule firewall mangle untuk protokol TCP pada menu IP->Firewall tab Mangle dengan parameter chain=forward, protocol=tcp, dst.port=443 karena youtube sekarang menggunakan https,  in-interface=Bridge-LAN pada tab advanced tepatnya layer 7 protocol=youtube sesuai yang telah kita dibuat sebelumnya, terakhir tab Action pilih action=mark connection dan new connection mark = youtube-con, centang pada passthrough.

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Kedua saya membuat satu rule lagi untuk protokol UDP dengan new connection mark yang sama yaitu youtube-con

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Terakhir saya akan membuat mark paket untuk marking packet berdasarkan mark connection yang sudah kita buat sebelumnya, chain=forward dan connection mark = youtube-con teralhir pada tab action pilih action=mark packet, new packet mark=youtube-paket dan hilangkan centang passthrough. 

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Setelah selesai membuat mange terdapat tiga rule mangle seperti berikut    

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Limit bandwidth

Selanjutnya adalah membuat queue untuk melakukan limit bandwidth, dengan asumsi disini total bandwidth yang saya miliki adalah 5Mbps, konsep manajement bandwidth pada artikel ini adalah dari total bandwidth yang saya miliki yaitu 5Mbps saya akan membagi kedalam dua traffic yaitu pertam youtube dan kedua selain youtube termasuk browsing, download, game online dll.

Ketika nanti kedua traffic ini berjalan bersamaan maka youtube akan mendapatkan bandwidth 2Mbps dan selain youtube akan medapatkan 3Mbps apabila tidak ada traffic youtube maka bandwidth 2Mbps akan digunakan traffic lain seperti browsing, download dll.

Dengan konsep seperti ini saya akan membuat terlebih dahulu parent atau total bandwidth yang tersedia dan selajutnya childnya yaitu queue youtube dan selain youtube. 

Baca Juga Tutorial Simple Queue dan HTB.

Pada menu Queues tab simple queue tambahkan queue parent terlebih dahulu dengan name=total-bandwidth, target = bridge-LAN dan max-limit upload=5M dan max-limit download=5M 

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Setelah parent sudah kita buat selanjunya adalah kita akan buat childnya pertama saya akan membuat queue youtube dengan parameter sebagai berikut name=youtube, target=bridge-LAN, max-limit upload dan download=2M pada tab advanced packet marks= youtube-paket sesuai dengan mark paket yang sudah kita buat sebelumnya, limit At upload dan download=2M, queue type upload =pcq-upload-default begitu juga untuk downloadnya.

Saya gunakan pcq agar semua client yang menggunakan youtube maka bandwidth sebesar 2Mbps akan dibagi rata terakhir adalah parent=total-bandwidth.

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Kedua saya akan membuat queue selain youtube dengan parameter sebagai berikut name=selain-youtube, target=bridge-LAN, max-limit upload dan download=5M pada tab advanced packet marks= no-mark, limit At upload dan download=3M, queue type upload =pcq-upload-default begitu juga untuk downloadnya. terakhir adalah parent=total-bandwidth.

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Pengujian 

Setelah membuat limitasi terhadap koneksi youtube maka kita bisa coba lakukan streaming video di youtube dan amati apakah rule yang kita buat sudah berjalan atau tidak.

Limit Bandwidth Youtube di Mikrotik

Kesimpulan

Sampai disini kita telah melakukan management bandwidth youtube, sehingga apabila ada client yang melakukan streaming ataupun download maka tidak ada yang memonopoli semua bandwidth. management seperti ini cocok diterapkan di sekolah-sekolah, warkop sehingga semua client merasa nyaman dengan bandwidth yang tersedia tanpa harus saling rebutan bandwidth. 

Sekian terimakasih materi Limit  Bandwidth Youtube di Mikrotik. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang baru belajar mikrotik, sampai jumpa lagi dimateri-materi berikutnya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar, wassalam…

Referensi dan Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube

https://mikrotik.id/artikel_lihat.php?id=367

https://www.youtube.com/watch?v=v43GGIHUlSA&vl=id